Foto: Humas Pemkot Bogor

Bogoraya.com. Bogor – Guna mengembangkan sebuah Kota yang cerdas, siang tadi (8/6) waktu setempat Korea, telah dilakukan pendatanganan Surat Pernyataan Minat (LoI) antara Pemerintah Kota Seoul dan Pemerintah Kota Bogor. Penandatangan yang digelar di Balaikota Seoul ini, dilakukan disela-sela pelaksanaan International Forum on Urban Policy for The Sustaianble Development Goals oleh Walikota Seoul, Mr Park Won-Soon, dan Walikota Bogor, Bima Arya.

Walikota Seoul, Mr. Park Won-Soon, dalam sambutannya menyampaikan, sangat menyambut baik kesediaan Pemerintah Kota Bogor untuk menjalin kerjasama dengan pemerintah Kota Seoul. “Walaupun di dalam LoI baru sebatas pengembangan kota cerdas (smart city), tetapi saya berharap dapat dilaksanakan dalam bidang yang lebih luas. Karena Seoul dan Bogor memiliki kesamaan arah pembangunan yaitu menuju Kota Cerdas, Kota Hijau dan Kota Pusaka (Smart, Green and Heritage City),” ujarnya.

Pihak Pemkot Seoul, lanjut Park Won-Soon, siap untuk berbagi pengalaman dan alih teknologi dan peningkatan kapasitas SDM untuk penggunaan teknologi dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan Publik. “Kota Seoul saat ini memiliki Pusat Pengendalian Transportasi (TOPIS: The Transport Operation and Information Service/ Pusat Pengendalian dan Informasi Transportasi) yang sangat canggih,” lanjutnya.

Sementara itu, Walikota Bogor, Bima Arya, menyatakan minat Kota Bogor untuk mengembangkan Bogor Green Room yang saat ini dimiliki Kota Bogor menjadi seperti TOPIS. “Saat ini, fasilitas CCTV Pemerintah Kota Bogor selain dapat ditampilkan di Bogor Green Room juga dapat diakses melalui gawai Walikota dan para pejabat terkait untuk memonitor perkembangan terkini lalulintas di Bogor,” sampainya sambil mendemonstrasikan tampilan CCTV pada gawainya disaksikan Walikota Seoul.

Surat Pernyataan Minat tersebut merupakan langkah awal dalam menjalin kerjasama antar kota untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam pengelolaan kota khususnya di bidang pengembangan kota cerdas.

Usai penandatanganan LoI, Bima dan Mr. Park saling bertukar cinderamata. Ke duanya berkomitmen untuk menterjemahkan Surat Pernyataan Minat tersebut ke dalam butir-butir kesepakatan yang lebih teknis di masa yang akan datang. Diharapkan dengan kerjasama ini akan terjadi pertukaran pengalaman, pengetahuan, tekonologi bahkan budaya, yang akan membawa ke dua kota merasakan manfaatnya. (Rangga)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY