Bogoraya - Pasar Merdeka Akan di Revitalisasi | http://bogoraya.com
Bogoraya - Pasar Merdeka Akan di Revitalisasi | http://bogoraya.com

bogoraya.com, Bogor – Nantinya Pasar Merdeka akan disulap menjadi pasar tematik dengan konsep double decker (lantai bertingkat). Hal tersebut dipaparkan oleh Direktur Utama Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PD PPJ) Kota Bogor, Andri Latief Asikin, yang mengatakan, setelah PT. Sarimustika pada 23 Maret 2016 lalu menyerahkan dan sesuai regulasi yang ada, Pasar Merdeka termasuk terminal Merdeka pengelolaannya sepenuhnya dibawah PD PPJ.

Hanya saja, untuk pengembangan Pasar Merdeka kedepan Feasibility Study (FS) dan Detail Engineering Desain (DED) Pasar Merdeka masih terbentur dengan belum disahkannya Perda RT/RW. “Wilayah disini masuk dalam zona cokelat dan merah yang peruntukannya untuk terminal dan perdagangan. Makanya untuk merevitalisasi Pasar Merdeka menunggu Perda RT/RW. Kalau Perda ini disahkan, tahun ini juga kita buat FS dan DED-nya dan pembangunan fisik nanti tahun 2017,” ujarnya tadi pagi (28/4).

Gambaran keinginan PD PPJ sendiri, lanjut Andri, Pasar Merdeka dibangun dengan konsep double decker. Pada bagian bawah akan dijadikan lahan parkir, lintasan angkutan kota dan penjualan onderdil. Sedangkan bagian atas khusus untuk pedagang komoditas buah dan sayuran. “Tapi berbentuk tidak berupa kios melainkan los,” lanjutnya.


Lebih jauh dia juga mengatakan, pengembangan pasar tematik di Kota Bogor untuk revitalisasi Pasar Merdeka diharapkan bisa menggunakan dana APBD. Dan keberadaan 600 pedagang harus menjadi prioritas nantinya. “Bila pemerintah punya anggaran, pembangunannya kenapa harus dipihak ketigakan atau pakai investor,” tutupnya. (RF)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY