Bogoraya.com - Taman Rangga Mekar Direvitalisasi | bogoraya.com
Bogoraya.com - Taman Rangga Mekar Direvitalisasi | bogoraya.com
bogoraya.com, Bogor – Salah satu program Pemkot Bogor dalam menjadikan Bogor sebagai Kota Sejuta Taman, sepertinya terus digalakan. Terbukti dengan direvitalisasinya Taman Sentra Edukasi Lingkungan atau lebih dikenal dengan Taman Interaksi Warga dan Arboretum Rangga Mekar dengan luas 9.318 Meter Persegi yang berada di Fasilitas Umum Perumahan Bogor Nirwana Residence (BNR) Kelurahan Ranggamekar, Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor.
Kabid Pembinaan dan Pengolahan Sampah, Dian Hendrawan, menyampaikan, Taman Rangga Mekar ini merupakan taman sharing APBD Kota Bogor terhadap Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) Direktorat Jenderal Tata Ruang Kementerian Pekerjaan Umum (Kemenpu) pada 2014 yang mengimplementasikan delapan atribut kota hijau. Taman ini pada 2014 silam sudah dilengkapi 25 sarana bermain anak, 15 alat fitnes outdoor, zona refleksi, lampu taman solar cell, tanaman pergola (tanaman pelindung sinar matahari, tempat duduk dan arboretum (Kebun Botani).
“Di 2015 diresmikannya bank sampah dan rumah kreatif, baru pada 17 Agustus 2015 dibangun TPS 3R Waste 2 Energy (Green Waste and Green Energy),” ujar Dian kemarin siang (11/4) saat ditemui disela kesibukannya. Di 2016 taman ini, lanjut Dian, mulai dilengkapi dengan workshop kelompok wanita tani (KWT) serta sarana taman untuk pembibitan dan sarana budidaya hortikultura, apotik hidup dan warung hidup. Selain di Taman Rangga Mekar, taman edukasi penyehatan lingkungan (Nursery) juga terdapat dalam Taman Heulang dengan luas 20.768 Meter Persegi.
“Sesuai manual P2KH 2015 untuk green waste sarana yang ada berupa bangunan bank sampah, rumah serbaguna komposter dan tempat sampah terpilah tiga (organik-plastik-non plastik),” pungkasnya. (RF)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY