BOGORAYA - SMAN 4 Kota Bogor Siap UN Dengan Metode UNBK | http://bogoraya.com
BOGORAYA - SMAN 4 Kota Bogor Siap UN Dengan Metode UNBK | http://bogoraya.com
Bogoraya.com – Bogor – Ujian Nasional bagi siswa SMA, MA, SMK sebentar lagi akan berlangsung. Berbeda dengan sebelumnya, SMAN 4 Kota Bogor akan menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau Computer Based Test (CBT).

Wakil Kepala Sekolah SMAN 4 Bagian Kurikulum, Kusnandar, mengatakan, persiapan UNBK pun sudah dilakukan SMAN 4 Kota Bogor sejak Desember 2015. Mulai dari sarana laptop dan komputer sebanyak 34 unit di empat ruangan dan mempersiapkan lima server sekaligus. “Semua sarana tidak ada yang pinjam, sekolah sudah memfasilitasinya,” singkatnya.

Kusnandar menambahkan, UNBK berbeda dari ujian kertas yang bisa dilakukan dalam satu sesi. Sementara UNBK dibagi tiga sesi yakni sesi pertama pukul 07.30 WIB, sesi kedua pukul 10.30 WIB dan sesi terakhir pukul 14.00 WIB. Semua siswa mendapatkan sesi yang sama alias tidak berubah-rubah sesuai dengan saran dari Dinas Pendidikan. Hal tersebut untuk menghindari lupa dari siswa jika sesi diatur berganti-gantian. “Kalau jadwal sesi itu diatur berdasarkan absen kelas jadi tidak ada yang protes,” tambahnya.

Dengan UNBK, menurutnya, bisa terlihat tingkat kejujuran dari para siswa, karena akan sulit mencontek. Selain itu, di perkembangan jaman seperti ini memang sudah seharusnya melek teknologi sembari mengurangi penggunaan kertas agar lebih go green.

Meski begitu, UNBK bukanlah penentu lulus tidaknya siswa. “Sekarang kelulusan dilihat dari tiga aspek yakni ujian sekolah, prilaku yang baik dan sudah melakukan pembelajaran selama tiga tahun,” tutupnya. (RF)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY