BOGORAYA - Menghadapi MEA, Imigrasi Kota Bogor Permudah Perizinan Tinggal Bagi WNA | http://bogoraya.com
BOGORAYA - Menghadapi MEA, Imigrasi Kota Bogor Permudah Perizinan Tinggal Bagi WNA | http://bogoraya.com

bogoraya.com, Bogor – Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Kantor Imigrasi Kelas 1 Bogor, menggelar sosialisasi MEA dan Izin Tinggal Terbatas (Itas) Online yang dilaksanakan di The Sahira Jalan Ahmad Yani, Kota Bogor, tadi siang (28/3).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Bogor, Herman Lukman, mengatakan, Izin tinggal terbatas (Itas) online itu adalah pemberian izin tinggal terbatas yang melalui tahapan yang lebih sederhana dengan memanfaatkan sistem fleksibilitas dari data elektronik Itas tersebut (via surat elektronik).

“Jadi Itas Online itu adalah pelayanan, penyederhanaaan prosedur dan keringanan persyaratan kepada para pemohon,” sampainya dalam forum tersebut.

Herman menjelaskan, untuk sistem online sudah berlaku di Kantor Imigrasi Kelas II Bogor, dan pelaporan Itas itu melalui halaman website yang bisa diakses dari MC saat telah mendapatkan Visa sebelum atau setelah tiba di wilayah Indonesia. Itas berupa Hard copy (Kartu Itas) dan soft copy (surat elektronik) dapat lebih memudahkan dalam manajemen file dari sisi pemohon.

“Sekarang lebih mudah dan efisien, terutama waktu yang semakin singkat bagi warga asing untuk tinggal disini. Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini, semua pelaku usaha dapat memahami dan mengerti, sehingga betul betul siap dalam menghadapi MEA dan Itas,”

Menurut informasi yang didapat, alur pemberian Itas Online diantaranya, perwakilan mengambil visa, lalu pemohon melaporkan via online melalui aplikasi Itas online dengan mengirimkan email, lalu membawa email balasan ke kantor imigrasi, di kantor imigrasi dilakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen, entry data Itas, pengambilan data biometrik, penerbitan no register, pemindaian dokumen selesai dan penyerahan dokumen. (RF)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY