BOGORAYA - Napi Paledang Pengamat Hukum: Tanggungjawab Kepala Lapas | http://bogoraya.com
BOGORAYA - Napi Paledang Pengamat Hukum: Tanggungjawab Kepala Lapas | http://bogoraya.com

Bogoraya.com, Bogor – Kasus kaburnya tujuh narapidana dari Lapas II Paledang Kota Bogor, ternyata berbuntut panjang. Pengamat Kebijakan Publik dan Dosen Fakultas Hukum di Universitas Pakuan Kota Bogor, Isep Insan menuturkan, kejadian semacam ini perlu disikapi serius oleh Pemerintah Kota Bogor. Pasalnya, praktek-praktek liar perlu diberantas untuk mewujudkan Lapas yang bersih dari ‘tangan-tangan kotor’ yang memanfaatkan kepentingan pribadi.

“Kepala Lapas itu membawahi semua anggota-anggota lapas, baik karyawannya maupun warga binaannya. Maka ia yang bertanggung jawab juga atas kejadian-kejadian tersebut dan menurut saya seharusnya mundur dari jabatannya sebagai sanksi moral yang pantas diterimanya, paling tidak pihaknya mengudurkan diri dari jabatannya,” ujarnya pada media lokal.

Ia pun mengatakan, secara moral pertanggung jawaban tetap berada ditangan Suharman sebagai orang yang paling bertanggung jawab ter kait hal tersebut. “Tetapi perlu diingat, apabila belum terbukti secara hukum maka sebagai warga negara yang baik perlu mengedepankan asas praduga tak bersalah,” tandasnya.

Terkait dengan masuknya narkoba kedalam lapas, ia mengatakan sistem keamanan di dalam lapas kurang bagus, seharusnya apabila ada ke luarga dari napi yang menjenguk ke lapas perlu dilakukan pengecekan secara detail oleh seluruh karyawan atau sipir di Lapas Paledang Kota Bogor.

“Setiap orang mempunyai berbagai macam modus untuk menyelundupkan narkoba kedalam Lapas Paledang Kota Bogor, seharusnya pengecekan dilakukan oleh para petugas lapas, terkait lolosnya narkoba dan kaburnya para napi, berarti kinerja Kepala Lapas Pale dang Kota Bogor patut dipertanyakan,” tambahnya.

Sebelumnya, Mentri Yassona berencana akan mengevalu asi kinerja Kalapas Paledang, Suharman, dalam waktu dekat ini. Menurut Politikus PDIP ini, selain terkait narkoba dalam lapas, Kalapas Paledang juga evaluasi terkait kasus kaburnya tuju orang napi.

“Kami evaluasi total. Tidak hanya kalapas saja yang akan kami sanksi, sipir juga akan kami jatuhkan sanksi,” ujarnya. (RF)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY