BOGORAYA - Pemkot Bogor Gandeng IPB dan NIES Jepang Tekan Angka Polusi | Bogoraya.com
BOGORAYA - Pemkot Bogor Gandeng IPB dan NIES Jepang Tekan Angka Polusi | Bogoraya.com

Bogoraya.com, Bogor – Wali Kota Bogor, Bima Arya, yang juga mewakili Pemkot Bogor, menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB) dan National Institute for Environmental Studies (NIES), untuk bersama-sama menciptakan kota yang bebas dari polusi dan emisi.

“Ini adalah tindak lanjut dari kerja sama yang telah dibangun oleh IPB dan Pemerintah Kota Bogor dengan dukungan NIES, Jepang, IGES Jepang, dan Kementrian Lingkungan Hidup Jepang dalam program pengembangan dan pembangunan eco city,” sampainya pada acara Symposium on Eco City Bogor, yang digelar di IPB International Convention Center (IICC), Kota Bogor, tadi siang (17/3).

Dalam acara yang membahas tentang Gas Rumah Kaca (Green House Gases) Bima menjelaskan, bahwa kerja sama tersebut bertujuan untuk instalasi demo sistem monitoring penggunaan energi. Sehingga pantauan sistem monitoring penggunaan energi bisa langsung terhubung ke dalam Bogor Green Room dan simulasi skenario eco city masa depan berdasarkan parameter informasi dan emisi kota secara spesifik ke Kota Bogor.

“Hal ini sangat penting bagi setiap daerah untuk melakukan mainstreaming pengarusutamaan dari perubahan iklim, karena ada kecenderungan di daerah lain justru tidak terlalu diperhatikan, bahkan hanya menyoroti isu populis jangka pendek saja,” tambahnya.

Untuk perubahan iklim saat ini, yang mungkin juga diakibatkan oleh pemanasan global, Bima Arya akan mencanangkan beberapa program seperti hari tanpa kendaraan bermotor setiap hari jumat, penggunaan lampu LED, penggunaan AC yang semuanya harus bisa diukur dan diatur. (RAN)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY