BOGORAYA - Ketua IDI Kota Bogor Kenaikan Tarif BPJS Bisa Surutkan Minat Masyarakat | Bogoraya.com
BOGORAYA - Ketua IDI Kota Bogor Kenaikan Tarif BPJS Bisa Surutkan Minat Masyarakat | Bogoraya.com

Bogoraya.com, Bogor – Pada 1 April mendatang, tarif BPJS yang baru akan naik. Hal ini tertuang dalam Perpres 19/2016 tentang Perubahan Kedua atas Perpres 12/2013 tentang Jaminan Kesehatan. Namun, hal ini dikhawatirkan oleh Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Bogor, Zenal Arifin. Dirinya menilai, bahwa kenaikan tersebut bisa menurunkan minat orang untuk ikut program BPJS.

“Peserta mandiri dulu awalnya berpikir iuran tidak terlalu tinggi mereka berbondong-bondong mendaftar. Tapi dengan adanya kenaikan ini, saya khawatir peserta mandiri akan menyusut lagi. Dikemudian hari bukan tidak mungkin malah lebih banyak pembiayaan kesehatan tidak tercover akibatnya menjadi beban pemerintah lagi,” ujarnya.

Terkait dengan tarif BPJS yang terbaru, Zaenal berharap pelayanan BPJS bisa ditingkatkan. “Kalau dengan plafon lebih tinggi, beberapa pemeriksaan tambahan untuk peningkatan pelayan bisa dikerjakan. Selama ini mepet, jangan sampai heran bila ada pasien berobat hanya dapat obat 3 hari, kondisinya seperti itu karena disesuaikan dengan plafonnya,” sampainya.

Sebagai informasi, Perpres19/2016 mengatur penyesuaian iuran Jaminan Kesehatan peserta penerima bantuan iuran (PBI) serta penduduk yang didaftarkan pemerintah daerah sebesar Rp 23.000 per orang per bulan. Untuk peserta pekerja penerima upah (PPU) terdiri dari PNS, anggota TNI dan Polri, pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, dan pegawai pemerintah non PNS sebesar 5 persen dari upah per bulan, 3 persen dibayar pemberi kerja dan 2 persen oleh peserta.

Sementara peserta PPU swasta tetap sama 4 persen dibayar pemberi kerja dan 1 persen oleh pekerja. Sedangkan untuk kategori peserta pekerja bukan penerima upah (PPBU) dan peserta bukan pekerja mengalami kenaikan per bulan per orang. Untuk kelas 1 dari Rp59.000 menjadi Rp80.000, kelas 2 dari Rp42.500 menjadi Rp51.000 dan kelas 3 dari Rp25.500 menjadi Rp30.000. (RF)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY