BOGORAYA-Calistung Dilarang di TK dan PAUD
BOGORAYA-Calistung Dilarang di TK dan PAUD

Bogoraya.com, Bogor – Melalui Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bogor, Fahrudin, Disdik Kota Bogor resmi melarang kurikulum membaca, menulis dan berhitung (calistung) untuk siswa-siswi Taman Kanak-kanak (TK) dan PAUD.

“TK dan PAUD itu pembelajarannya bukan fokus pada calistung dan tidak diwajibkan bisa calistung pada tingkatan ini. Mereka diajarkan melalui bermain. Bahkan calistung itu tidak bisa ditargetkan lulus dalam tingkatan ini,” papar Fahrudin.

Fahrudin juga menuturkan, bahwa peranan orang tua pun tentang persoalan ini sangat penting. Karena kondisi anak yang dalam usia dini tidak seharusnya diberikan pada tingkatan ini.

“Kita pasti akan berikan sanksi kepada sekolah atau guru yang masih menerapkan sistem calistung kepada anak muridnya dengan sengaja. Jika sudah ditegur dan masih memberlakukan sistem ini terpaksa kepala sekolah yang bersangkutan kami panggil,” pungkasnya.

Peraturan ini menurut Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), sistem calistung sudah dilarang untuk tingkat TK dan PAUD. Edarannya pun sudah menyebar, tapi masih saja ban yak sekolah kanak-kanak yang bandel dan menerapkan sistem ini.

Dinar (21), salah satu guru PAUD di Insan Cemerlang Cibung bulang ini contohnya. Guru muda ini mengaku kurang setuju dengan penghapusan calistung untuk siswa-siswi TK dan PAUD. “Secara pribadi, saya kurang setuju dengan penghapusan calistung. Ini kan penting buat siswa,” singkatnya. (RF)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY