BOGORAYA - Pendidikan di Kota Bogor, Harus Segera Dibenahi
BOGORAYA - Pendidikan di Kota Bogor, Harus Segera Dibenahi

Bogoraya.com, Bogor – Ditemui selepas audiensi dengan DPP II HTI Kota Bogor, Dr. Ir. Apendi Arsyad, Ketua Dewan Pendidikan Kota Bogor, menyampaikan pendidikan adalah salah satu amanat konstitusi yang wajib dijalankan oleh pemerintah, baik dari tingkatan pusat sampai pada tingkat daerah. Namun, masih banyak penyimpangan dalam dunia pendidikan khususnya di Kota Bogor.

“Masih banyak yang menyimpang dalam tataran teknis, norma-norma, pengelolaan dan kebijakan dalam dunia pendidikan di Kota Bogor ini, salah satunya masih banyak sekolah yang melakukan pungutan atau iuran dalam dunia pendidikan, padahal hal tersebut tidak diperbolehkan, kalau sumbangan masih diperbolehkan” ujarnya.

Ia pun menyayangkan, kesenjangan pendidikan di kota hujan semakin tergambar jelas, hal ini terbukti dengan 70 persen sekolah menengah baik SMP, SMA ataupun SMK dikuasai oleh swasta. Dewan Pendidikan Kota Bogor sendiri menilai ada dampak positif dan dampak negatif. “Positifnya berarti masyarakat berperan aktif dalam mencerdaskan bangsa dengan adanya sekolah-sekolah swasta, namun dampak negatifnya terjadi kesenjangan dalam dunia pendidikan,” tambahnya.

Dalam hal ini Pemerintah harus mengontrol peran serta masyarakat agar sekolah swasta mengikuti aturan sistem pendidikan nasional, sehingga tak terjadi kesenjangan dalam dunia pendidikan. “Pemerintah tidak boleh mendikotonomi (mengkotak-kotakkan) pendidikan antara negeri dan swasta,” tutupnya. (RF)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY