BOGORRAYA Pemkot dan Pemkab Bogor, Belum Bisa Ikuti Aturan Seragam Baru
BOGORRAYA Pemkot dan Pemkab Bogor, Belum Bisa Ikuti Aturan Seragam Baru

bogoraya.com, Bogor – Pekan depan sesuai dengan peraturan Kementerian Dalam Negeri RI, Pegawai Negeri Sipil diwajibkan mengganti seragam dinasnya menjadi hitam putih setiap hari Rabu. Terkait hal tersebut, Pemkot Bogor memiliki kebijakan berbeda. “Iya harusnya Perwalinya sudah diubah, efektifnya Kota Bogor minggu depan lah sesuai dengan keputusan Kemendagri. Rabu itu kita pakai baju tradisional Bogor yakni baju kampret,” ujar Sekda kota Bogor, Ade Sarip Hidayat.

Meskipun ada kesesuaian dengan perubahan tersebut, Ade menyatakan ada sedikit perbedaan yang akan dikenakan oleh PNS di Bogor. Menurutnya perbedaan tersebut ada pada penerapan muatan lokalnya. “Ada muatan lokalnya, kampret atau adat Sunda diselipin juga. Lalu juga Linmas tetap dipakai,” lanjutnya.

Terpisah, Bupati Bogor Hj Nurhayanti pun akan mematuhi aturan tersebut. Namun, ia menegaskan tidak akan menerapkan pada tahun ini atau dalam waktu dekat. Pasalnya, dari Senin hingga Jumat, telah ada aturan berpakaian bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Bumi Tegar Beriman. “Iya, hari Senin kan pakai Korpri, Selasa dan Rabu pakai coklat. Terus hari Kamis pakai batik dan Jumat olahraga. Sempat ada aturan itu di SK Bupati, tapi akan direvisi dulu,” ungkapnya.

Ia menambahkan, akan menyesuaikan jika menghadiri rapat dengan pemerintah pusat atau provinsi. “Kalau diajak rapat di Bandung terus di sana sedang pakai putih, saya akan ikuti. Tapi kalau di Kabupaten Bogor, secara bertahap lah ya. Intinya pasti akan dilakukan kok,” tambahnya.

Sesuai edaran, Kemendagri mengeluarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 6 Tahun 2016, terhi tung sejak awal Februari 2016, PNS di lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemda, wajib mengenakan seragam putih-hitam setiap hari Rabu. Aturan tersebut sudah diperdengarkan sejak bulan Januari lalu. Seragam putih-hitam tersebut disediakan langsung oleh pemerintah. Sebelumnya para pegawai pun sudah melakukan fiting baju untuk seragam baru itu. (RF)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY