Foto: istimewa

Kehidupan rumah tangga baik yang baru seumur jagung, terutama lagi yang sudah berlangsung lama, pastilah akan selayaknya roda yang selalu berputar, kadang dibawah dan juga kadang di atas, bukan dalam ekonomi, tapi suasana kehangatan yang tak terjaga. Jadi rumah tangga kadang memanas dengan selalu diisi pertengkaran, perselisihan. Atau malah rumah tangga anda dingin membeku, tak ada saling sapa, masing-masing sibuk dengan rutinitasnya.

Rasulullah Saw panutan kita yang mulia, pernah menyampaikan dalam haditsnya ‘Orang yang terbaik diantara kalian adalah orang yang terbaik terhadap istri-istri mereka”. (HR. Ibnu Majah). Di hadist yang redaksinya berbeda, di bagian belakang di tutup dengan kalimat “…. dan aku (Rasulullah Saw) adalah yang terbaik berbuat baik kepada keluargaku…”

Rasulullah SAW. sangat piawai menjadikan hal yang sepele menjadi berkesan dan menjadikan rumah tangganya senantiasa hangat. Interaksi sehari-hari dengan istrinya senantiasa dibuat istimewa, sehingga semua istrinya merasa yang paling istimewa.

Jika kita menginginkan rumah tangga kita tetap dalam kehangatan, contohlah Rasulullah Saw. Apa saja di antara yang pernah dilakukan Rasulullah Saw agar rumah tangganya tetap hangat:

  1. Mandi bersama
    Diriwayatkan bahwa Aisyah r.a. berkata, “Pernah aku mandi bersama Rasulullah. Kami menggunakan satu bejana. Bejana ini berada diantara aku dan beliau. Tangan kami saling berebut masuk ke dalam bejana. Beliau berhasil mendahuluiku, sampai-sampai aku berkata, “Tolong sisakan untukku!Tolong sisakan untukku!” Aisyah mengungkapkan bahwa saat itu mereka berdua sedang junub. (HR. Bukhari, Muslim dan Abu Awanah)
  2. Menyisir rambut
    Dari Aisyah r.a. berkata, “Saya biasa menyisir rambut Rasulullah SAW.,  saat itu saya sedang haid.” (HR. Ahmad)
  3. Meminyaki badan
    Seringkali Rasulullah SAW. meminta istrinya untuk mengoleskan minyak  di badannya. Tentunya Rasulullah bisa melakukannya sendiri, sengaja meminta istrinya yang mengolesi, agar tercipta kemesraan dan bertambahnya rasa cinta dan kasih.Aisyah r.a. berkata,”Saya meminyaki badan Rasulullah SAW. pada hari raya Idul Adha, setelah beliau melakukan jumrah aqabah.” (HR. Ibnu Asakir)
  4. Membelai istri
    Dari Aisyah r.a. “Adalah Rasulullah SAW.  tidaklah setiap hari melainkan beliau mesti mengelilingi kami semua (istrinya) seorang demi seorang. Beliau menghampiri dan membelai kami dengan tidak mencampuri hingga beliau singgah ke tempat istri yang giliri waktunya. Lalu beliau bermalam di tempatnya.” (HR. Ahmad)
  5. Mencium istri
    Dari Aisyah r.a. “Bahwa Nabi SAW. biasa mencium istrinya setelah wudhu.” (HR. Abdurrazaq)
    Dari Hafshah, putri Umar r.a., “Sesungguhnya Rasulullah biasa mencium istrinya sekalipun sedang puasa.” (HR. Ahmad)
  6. Tiduran di pangkuan istri
    Aisyah r.a. berkata,” Nabi SAW. biasa meletakan kepalanya di pangkuanku walaupun aku sedang haidh, kemudian beliau membaca Al Quran.” (HR Abdurrazaq)

Itulah di antara hal yang barangkali kita anggap sepele dalam rumah tangga kita, akan tetapi Rasulullah junjungan kita meskipun beliau sebagai seorang pemimpin yang super sibuk mengurus ummat, namun beliau tidak lupa untuk menjalin kemesraan dengan istri-istrinya.

Masih cukup banyak yang bisa kita contoh dari perilaku Rasulullah Saw kepada isteri-isterinya, tapi dari yang sudah kami paparkan di atas, jika bisa kita lakukan dengan konsisten, InsyaAllah membawa kehangatan dan keberkahan keluarga kita. Semoga []

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY