Dinkes-Kota-Bogor-Mulai-Mewanti-Wanti-Virus-Zika-(BR)
Dinkes-Kota-Bogor-Mulai-Mewanti-Wanti-Virus-Zika-(BR)

bogoraya.com, Bogor – Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Rubaeah menghimbau, kepada para pihak terkait dan masyarakat Kota Bogor khsususnya, untuk mewaspadai penularan virus zika. “Setiap kepala bidang sudah bergerak untuk menginformasikan dan sosialsi virus Zika. Supaya mereka waspada bila ada gejaka mengarah ke Zika, bisa segera diantisipasi,” ujarnya. Melanjuti himbauan dari Kadis Kesehatan, Kepala Bidang Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat, Ratna Yunita mengatakan, seluruh kader kesehatan di tingkat kelurahan dikerahkan untuk menyebarluaskan informasi tentang virus zika, seperti cara penularannya, siapa yang beresiko dan gejala yang ditimbulkannya. “Virus zika itu memiliki kesamaan dengan virus dengue (DBD), berasal dari kelompok arbovirus (nyamuk),” sampainya.

Ratna pun menyampaikan cara penularan virus tersebut melalui gigitan nyamuk aedes aegypty untuk daerah tropis. “Nyamuk ini aktif di siang hari, dan dapat hidup dalam maupun luar ruangan. Gejala yang ditimbulkan oleh infeksi virus zika yakni, menunjukkan gejala, demam, kulit berbintik merah, sakit kepala, nyeri sendi, nyeri otot, kelemahan dan terjadi peradangan kongjungtiva,” tambahnya.
Lanjutnya, penyakit ini kerap sembuh dengan sendirinya tanpa memerlukan pengobatan medis. Pada kondisi tubuh yang baik penyakit dapat pulih dalam tempo 7-12 hari. (RF)

Foto : Dena Widiyani

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY