Bogoraya - Kantor-Dinas-Kebersihan-dan-pertamanan
Bogoraya - Kantor-Dinas-Kebersihan-dan-pertamanan

bogoraya.com, Bogor – Dalam menanggulangi kisruh sampah di TPA Galuga, Pemerintah Kota Bogor berencana akan membangun fasilitas pengolahan sampah Intermediate Treatment Facility (ITF). Selain menjadi solusi Galuga, ITF juga digunakan untuk mengurangi jumlah sampah sebelum masuk ke Tempat Pembuangan Akhir. Anggaran sebesar Rp 2 miliar pun disiapkan untuk wacana ini, karena ITF merupakan stasiun perantara pembuangan sampah yang dilengkapi teknologi pengelolaan modern. Dengan teknologi ini, sampah akan dipress dan dikemas lebih rapih sebelum dibuang ke TPA. “Dua lokasi sudah kita siapkan untuk membangun ITF ini. Satu di Kelurahan Ciluar, Bogor Utara dan Kayu Manis, Tanah Sareal. Masing-masing lokasi luasnya dua hektare dari APBD sebesar Rp 2 miliar,” ujar Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor, Irwan Riyanto.

Sebelumnya, lahan di Kayu Manis akan dibangun tempat pembuangan sampah terpadu, namun ditentang warga. Namun, untuk membangun ITF diharapkan tidak menemui hambatan. Sedangkan di Kelurahan Ciluar, masih perlu dibangun akses keluar masuk kendaraan nantinya.
Di dalam proses ITF sendiri, sampah-sampah itu dilengkapi pengelolaan air lindir sehingga ditribusi sampah ke TPAS tak mencemari lingkungan. “ITF ini semacam stasiun perantara pembuangan sampah yang dilengkapi teknologi pengelolaan modern. Selain itu ITF ini dipersiapakan jelang pengoperasian TPPS Nmabo di Kecamatan Klapanunggal pada 2017 mendatang, “ tutupnya. (RF)

Foto : Dena Widiyani

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY