bogoara - proyek lrt
bogoara - proyek lrt

bogoraya.com, Bogor – Proyek Light Rail Transit (LRT) akan segera direalisasikan, dan sudah dipastikan akan melewati kawasan Sentul, Bogor. Hal ini disambut baik oleh Wakil Presiden Direktur PT Sentul City Tbk, Andrian Budi Utama. Dia menuturkan, dengan keberadaan transportasi massal itu akan merangsang pertumbuhan sektor ekonomi masyarakat sekitar, serta menjadi kebutuhan pokok warga Sentul yang notabene berdekatan dengan Kota Bogor.

Selain itu, pembangunan LRT juga sebagai upaya dalam mengurai kemacetan di daerah tersebut. “LRT akan mempercepat pertumbuhan kawasan Sentul City sebagai kota mandiri. Nantinya, Sentul akan mudah diakses. Ditambah adanya rencana LRT koridor Cibubur-Bogor akan melintasi kawasan ini dan stasiunnya dibangun di Sentul City,” ujarnya pada rekan wartawan.

Pembangunan LRT sendiri sudah tertera dalam Peraturan Presiden (PP) Nomor 98 Tahun 2015 Tentang Percepatan Kereta Api Ringan Terintegrasi di Jabodetabek.
Dan proyek LRT akn dilakukan secara bertahap dengan panjang total 83,6 ki lometer. Tahap I A mencakup Cibubur-Cawang sepanjang 13,7 kilometer, Cawang-Dukuh Atas 10,5 kilometer, kemudi an Tahap I B meliputi Bekasi Timur-Cawang sepanjang 17,9 kilometer. Sementara Tahap II sepan jang 41,5 kilometer yang melipu ti lintas layanan Cibubur-Bogor, Dukuh Atas-Palmerah-Senayan, Palmerah-Grogol. Keseluruhan tahapan ini diproyeksi rampung pada 2018 mendatang.
Dan dengan adanya proyek LRT ini, harga satu meter persegi lahan di kawasan perumahan telah mencapai Rp 7 hingga Rp 13 juta. Sementara lahan komersial mencapai Rp 15 hingga 20 juta per meter persegi. (RF)

Foto : Istimewa

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY