Bogoraya - Sidak Minimarket di Kota Bogor, Banyak Yang Tak Berizin
Bogoraya - Sidak Minimarket di Kota Bogor, Banyak Yang Tak Berizin

bogoraya.com, Bogor – Siang tadi (25/1) Komisi A DPRD Kota Bogor melakukan inspeksi mendadak di sejumlah lokasi minimarket waralaba seperti alfamart, alfamidi dan Indomaret, untuk memastikan perizinan para pengusaha. Sidak pertama dilakukan kepada dua minimarket yang jaraknya sangat berdekatan, yaitu Alfamidi dan Indomaret, di Jalan Gunung Batu Loji, di daerah tersebut. Kegiatan itu dihadiri oleh Ketua Komisi A DPRD Kota Bogor, Didin Muhidin. Didin mengatakan, hal ini dilakukan karena semakin banyaknya minimarket waralaba yang berjamur di Kota Bogor.

Dalam sidak tersebut, para wakil rakyat mendapatkan beberapa kejanggalan, karena pihak minimarket tidak bisa memperlihatkan kelengkapan berkas usaha, baik perizinan perdagangan, maupun Izin Mendirikan Bangunan (IMB), dengan alasan perizinan dilakukan oleh kantor pusat. “Di sini kami ingin memastikan para pengusaha ini sudah memiliki izin atau belum, tetapi kami mengalami kesulitan karena saat ditanyakan tentang berkas perizinannya, mereka tidak mampu menunjukan berkas  perizinan, jadi kami akan memanggil semua pihak minimarket di Kota Bogor,” tutur Didin kepada salah satu media lokal Bogor.

Didin pun menjelaskan, sejak tahun 2015 lalu, Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPPTPM) Kota Bogor tidak mengeluarkan perizinan, jadi semua minimarket baru harus diperiksa berkas-berkasnya. Di samping itu, sidak ini pun dilakukan untuk penertiban jam operasional. “Hari Sabtu dan Minggu sampai pukul 24.00 WIB, sedangkan hari biasa sampai pukul 22.00 WIB. Serta, dimulainya operasional usaha harus di jam 09.00 WIB, sesuai dengan Perwali nomor 37 tahun 2012,” tuultupnya. (RF)

Foto : istimewa

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY