Bogoraya - Mushola “Aneh” Tanpa Nama di Ciawi
Bogoraya - Mushola “Aneh” Tanpa Nama di Ciawi

Bogoraya.com, Bogor – Ada yang menarik perhatian warga sekitar Kampung Kembangan, Desa Cibedug, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor. Pasalnya terdapat bangunan menyerupai klenteng, namun jika memasukinya, ternyata bangunan itu adalah sebuah Mushola. Bangunan yang didirikan sekitar tahun 2002 ini sempat mendapat kecaman dari warga sekitar. Karena selain tempatnya yang sulit diakses para pejalan kaki, Mushola aneh ini tidak boleh digunakan oleh selain penjaganya.

Ditemui bogorwatch.com, Ketua RT. 12, Edy Junaedi membenarkan, bahwa bangunan tersebut adalah Mushola yang tidak pernah ada suara adzan maupun aktifitas berjamaah. “Awalnya sempat saya tegur, karena meresahkan warga sekitar, pernah sewaktu itu, ketika salah seorang warga hendak ingin memancing di sekitar kali dekat mushola itu, penghuni langsung mengusirnya dengan senjata tajam (golok),” ungkapnya. Edy melanjutkan, adalah Abdul Ghani sang penghuni Mushola, memang jarang bersosialisasi dengan warga sekitar. “Dia kalau kemana-mana jalan kaki, seperti membeli keperluan sehari-hari ke pasar dan ke warung,” tuturnya.

Iwan panggilan lain Abdul Ghani ini sempat disinyalir warga sebagai orang tidak waras. Pihak aparat terkait pun, kata Edy, sudah melihat dan meninjau langsung mengenai persoalan yang dikeluhkan warga ini. “Pernah, semacam gurunya dia datang menghampiri kita, RT dan pihak desa untuk menjelaskan semua ini. Namun penjelasan yang ganjil ini kami terima saja, asalkan Iwan tidak meresahkan warga sekitar,” ungkapnya.

Belakangan diketahui bahwa sang guru yang berasal dari Kalimantan ini lah yang selama ini menafkahi Iwan. Tercatat, Abdul Ghani tidak pernah pulang kampung sejak tinggal di Mushola tersebut. Selain itu, dia juga diketahui tidak memiliki Istri dan anak. Iwan sang penjaga Mushola “aneh” itu hanya hidup sendiri di mushola tersebut. (RF)

Foto : Rangga Firmansyah

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY